Selayang Pandang Dayurejo - Kabupaten Pasuruan

Selayang Pandang Dayurejo

1473x dibaca    2022-05-10 13:13:34    Administrator

Selayang Pandang Dayurejo

Dayurejo merupakan sebuah desa dalam wilayah administratif Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Dayurejo secara geografis terletak di lereng utara Gunung Ringgit. Desa Dayurejo di sebelah timur berbatasan dengan Desa Jatiarjo dan Desa Pajaran Gunting, Kecamatan Sukorejo, berbatasan dengan Kelurahan Ledug di sebelah barat, Desa Bulukandang di sebelah utara, dan sebelah selatan berbatasan dengan kawasan Perhutani & hutan lindung. Desa ini dibagi menjadi 6 pedukuhan, diantaranya: Dukuh Klataan, Dukuh Lebaksari, Dukuh Gotean, Dukuh Dayu, Dukuh Talunongko, dan Dukuh Gamoh.

Sumber: http://dayurejo.desa.id

Menurut cerita masyarakat, Dayurejo memiliki arti “tamu makmur” yang kemudian muncul kepercayaan bahwa orang-orang yang datang ke Desa Dayurejo akan menjadi makmur hidupnya. Menyatunya enam pedukuhan, Klataan, Lebaksari, Dayu, Gotean, Talunongko, dan Gamoh bukan suatu hal yang terjadi secara kebetulan. Hal tersebut terjadi karena cita-cita terbentuknya kerukunan dan kekekalan, dan melalui banyak proses terutama kesamaan nasib, sosial, dan budaya. Menyatunya enam pedukuhan ini akhirnya bernama Desa Dayurejo. Selain tersebut, bersatunya enam pedukuhan ini diawali dari budidaya kopi. Pada zaman dahulu, penduduk enam pedukuhan ini sama-sama bertani kopi di wilayah yang bernama Sukmo Sejati/Sukmojati.

Mayoritas penduduk Dayurejo merupakan masyarakat suku Jawa. Sebagian masyarakat yang berdomisili di Dukuh Dayu merupakan masyarakat campuran, yakni dari suku Madura dan suku Jawa. Sejak Islam masuk di desa ini, mayoritas penduduk memeluk agama Islam, namun masih ada juga yang tetap mempertahankan aliran kejawen/aliran ketimuran yang sarat dengan keturunan etika yang tinggi dan dalam.

Sumber: https://today.line.me/id/v2/article/x2QxNle

Desa Dayurejo memiliki penduduk sekitar 10 ribu jiwa. Sebagian besar masyarakat Dayurejo memiliki mata pencaharian sebagai karyawan swasta dan petani/pekebun. Komoditas yang terkenal dari Dayurejo adalah kopi, pisang, nangka, dan durian. Potensi wisata di Dayurejo juga beragam, ada Kaliandra Resort, The Taman Dayu dengan segala macam pilihan wisata di dalamnya, Kedai Hutan Cempaka, Grande Garden Cafe. Selain itu juga terdapat Pertapaan Satrio Manggung dan Pertapaan Indrokilo.

Sumber: http://www.dayurejo.desa.id/first/artikel/1

Komentar (0)

  1. Belum ada komentar

Tulis Disini